Body Contouring

Body contouring adalah upaya membentuk tubuh menjadi lebih ideal melalui serangkaian prosedur bedah plastik. Prosedur body contouring tidak ditujukan untuk mengurangi berat badan atau mengatasi selulit, melainkan lebih tertuju pada upaya “body carving”, layaknya seorang pematung mengolah sebongkah kayu menjadi sebuah patung yang indah.

Prosedur body contouring terdiri dari liposuction serta reseksi atau pelipatan kulit dan jaringan lunak, yang disebut lifting atau “tuck”. Reseksi kulit dan jaringan lunak adalah prosedur utama yang dilakukan dalam tummy tuck (abdominoplasti) dan pengencangan paha atau badan bagian bawah (thigh lift dan lower body lift). Tidak seperti liposuction,yang ditujukan untuk mengatasi lemak bawah kulit yang berlebih atau tidak diinginkan, prosedur lifting ditujukan pada kulit beserta lemak bawah kulit yang berlebih. Dalam prosedur tummy tuck, jaringan yang diangkat bisa cukup lebar hingga menyerupai sabuk kejuaraan tinju kelas dunia. Dengan membuang kulit dan lemak berlebih, sang dokter dapat menghasilkan kontur tubuh yang lebih indah. Pendekatan terbuka ini juga efektif untuk mengencangkan ligamen dan otot yang kendur, yang umum dijumpai dalam prosedur tummy tuck.

Liposuction merupakan prosedur yang nyaris tidak diikuti parut luka setelahnya. Di sisi lain, prosedur lifting lain dianggap sebagai prosedur invasif yang berpotensi menghasilkan parut yang panjang. Tummy tuck meninggalkan parut dari pinggang ke pinggang, sepanjang jarak “dari Jakarta ke Surabaya”. Meskipun demikian, prosedur tuckmerupakan metode yang langsung mengena sasaran dan efektif untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Kandidat body contouring adalah mereka yang memiliki berat badan stabil selama minimal 6 bulan terakhir, bermotivasi tinggi untuk menghargai diri sendiri, dan memiliki pandangan hidup positif dan realistis.

Sebelum prosedur body contouring, Anda harus melakukan beberapa persiapan:

  • Menjalani pemeriksaan fisik bagian tubuh yang akan dioperasi

  • Pemeriksaan fungsi organ vital

  • Berhenti merokok dan minum alkohol selama 2 minggu sebelum operasi

  • Berhenti mengkonsumsi suplemen yang mengandung ginkgo biloba, ginseng, vitamin E, garlic, pien tze huang, dan obat pengencer darah

  • Diskusikan keinginan dan harapan Anda dengan dokter spesialis bedah plastik Anda

(Sumber: Prasetyono TOH. Body contouring. Bazaar 2009 Feb;Chapter 4:52.)

Featured Posts
Posts are coming soon
Stay tuned...
Recent Posts