Penyakit de Quervain

Penyakit apa itu?

Penyakit de Quervain (disebut sebagai de Quervain tenosynovitis dalam dunia medis) adalah kondisi nyeri akibat radang bungkus tendon ibu jari pada area pergelangan tangan. Nyeri timbul pada saat pasien mengangkat ibu jari, menggerakan pergelangan tangan, mengambil atau meraih sesuatu dan menggenggam. Penyebab pasti kondisi ini tidak diketahui, akan tetapi diperkirakan terutama oleh aktivitas yang memiliki gerakan berulang (repetitif) pada ibu jari atau pergelangan tangan.


Bagaimana keluhan dan gejalanya?

Gejala de Quervain meliputi nyeri dan bengkak pada pangkal ibu jari di dekat pergelangan, serta kesulitan untuk menggerakan ibu jari atau pergelangan tangan pada tindakan menggenggam dan menjepit. Gejala ini dapat terjadi karena bungkus tendon yang menyerupai selongsong mengalami peradangan dan membuat selongsong tersebut menjadi tebal serta berakibat ruang dalam selongsong menjadi menyempit. Tendon akan bergerak melewati selongsong yang menyempit tersebut dan akhirnya timbul rasa nyeri.


Apa pemicunya?

Dalam aktivitas sehari – hari banyak gerakan repetitif yang membebani ibu jari dan pergelangan tangan, contohnya seperti gerakan menekan stapler, mencuci, mengepel, dan memasang sekrup. Gerakan menekan stapler akan memberikan beban pada ibu jari, gerakan memuntir pergelangan tangan serta menggengam pada saat mencuci pakaian, mengepel atau memutar sekrup dengan obeng akan membebani kondisi pergelangan tangan.


Banyak aktivitas yang tidak dapat dihindari karena telah menjadi bagian dari kehidupan sehari – hari yang melibatkan peran ibu jari dan pergelangan tangan. Untuk mengatasi perburukan kondisi sakit, kita dapat berupaya untuk mengganti kebiasaan, melakukan modifikasi untuk mengurangi beban pada ibu jari dan pergelangan tangan. Mengapa kita perlu melakukan penyesuaian? Karena kondisi nyeri yang timbul itu sebenarnya merupakan peringatan bagi kita untuk mengistirahatkan bagian tersebut.


Bagaimana memeriksanya?

Salah satu cara pemeriksaan de Quervain adalah meletakan ibu jari pada telapak tangan dan kemudian menggenggamnya dengan keempat jari (sehingga ibu jari berada dalam genggaman). Kemudian arahkan telapak tangan mengarah ke sisi jari kelingking. Apabila didapatkan nyeri maka hampir dapat dipastikan Anda memiliki kondisi sakit de Quervain.


Bagaimana mengatasinya?

Prinsip tata laksana pada kondisi ini adalah mengistirahatkan ibu jari dan pergelangan tangan yang nyeri tersebut. Anda dapat memberikan kompres hangat serta minum obat antinyeri jenis nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAIDs) yang dapat Anda peroleh melalui resep dokter. Anda juga dianjurkan untuk menggunakan alat penyangga seperti bebat atau bidai agar pergerakan ibu jari dan pergelangan tangan dibatasi atau menjadi minimal. Ketika keluhan tidak juga berkurang, maka tibalah saatnya untuk mencari bantuan medis lanjut. Terapi oleh dokter dapat berupa suntik kortikosteroid atau bahkan dengan operasi apabila keluhan sangat mengganggu. Pembedahan minor dalam kondisi sadar penuh akan dilakukan dengan memberikan suntikan bius setempat dan sayatan kecil pada tangan oleh dokter bedah. Akses luka sayatan tersebut akan digunakan untuk memotong (membelah) selongsong yang sudah kaku. Dengan pemotongan selongsong tendon, maka diharapkan jeratan tendon berkurang dan hilang sensasi nyeri yang dikeluhkan.



Sumber: https://youtu.be/pw7BiU82B1U


Ditulis oleh Dr. Teddy Prasetyono dan dr. Amila Tikyayala

Featured Posts
Posts are coming soon
Stay tuned...
Recent Posts
Archive
Search By Tags
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square