Breast Lift (Pengencangan Payudara)

Payudara menggelambir dapat disebabkan oleh banyak faktor, di antaranya kehamilan, menyusui, penurunan berat badan, gravitasi, dan penuaan. Payudara dapat terlihat menengok ke bawah dan dapat disertai letak puting yang rendah. Breast lift (pengencangan payudara) atau mastopeksi adalah prosedur bedah plastik estetik yang bertujuan untuk mengencangkan payudara dengan mengurangi kulit yang mewadahi isi payudara. Prosedur ini akan mengubah penampilan payudara, tetapi tidak mengubah ukurannya. Untuk meningkatkan ukuran payudara, prosedur ini dapat dilakukan bersamaan dengan implant atau teknik augmentasi lain menggunakan transfer lemak otolog.

Kandidat tindakan ini adalah mereka dengan payudara menggelambir dan puting yang terletak lebih rendah daripada kedudukan idealnya atau menghadap ke bawah. Ukuran payudara masih cukup memuaskan. Mereka juga dapat memiliki daerah areola yang melebar (areola adalah daerah berwarna gelap di sekitar puting). Pemeriksaan sederhana untuk kandidat breast lift adalah “pencil test”. Bila Anda dapat menjepit pensil dengan kedua payudara berarti Anda dapat memerlukan breast lift.

Operasi dapat berlangsung selama 1,5-3 jam tergantung tingkat kesulitan teknis. Prosedur operasi adalah sebagai berikut:

  • Pembiusan umum, sedasi, atau bius lokal

  • Pilihan metode sayatan operasi adalah sayatan berbentuk raket (sayatan melingkar sekitar areola diikuti sayatan vertikal ke bawah pada area kubah lonjong terbalik payudara) atau sayatan jangkar (sayatan melingkar sekitar areola diikuti sayatan vertikal ke bawah dan berlanjut melengkung sepanjang lipatan bawah payudara). Sayatan sekitar areola dibuat melingkar untuk menghasilkan parut berbentuk lingkaran.

  • Payudara dibentuk melalui sayatan; bentuk areola diperkecil bila diperlukan; kulit yang berlebih dibuang.

  • Sayatan ditutup dengan jahitan.

Setelah operasi, Anda perlu mengenakan supportive bra. Bengkak pada bekas luka operasi akan membaik setelah 3 minggu-1 bulan. Hasil akhir akan nampak nyata setelah 3-9 bulan. Anda harus menghindari aktivitas berat selama 1 bulan. Penting bagi Anda untuk menjalani gaya hidup sehat dengan menjaga kestabilan berat badan dan berhenti merokok.

Komplikasi yang dapat terjadi adalah perdarahan, memar, infeksi, dan puting asimetris atau puting menengadah. Prosedur ini tidak memengaruhi produksi ASI.

(Sumber: Prasetyono TOH. Breast shaping. Bazaar 2009 Feb;Chapter 4:57.)

Featured Posts
Posts are coming soon
Stay tuned...
Recent Posts