Liposuction (Sedot Lemak)

Liposuction atau lipoplasti atau sedot lemak adalah prosedur bedah plastik yang menempati urutan pertama di Amerika Serikat. Uniknya, prosedur ini dibutuhkan tidak hanya oleh wanita tetapi juga kaum pria. Prosedur ini bertujuan untuk mengurangi volume bagian tubuh tertentu dengan mengurangi jaringan lemak di bawah kulit menggunakan tenaga vakum, sehingga proporsi tubuh menjadi lebih baik. Liposuctionbukanlah metode untuk mengatasi kegemukan ataupun selulit. Selulit disebabkan oleh lemak yang tidak merata di bagian permukaan lapisan lemak, sementara liposuctionditujukan untuk mengurangi lemak di bagian yang lebih dalam. Liposuction dapat digunakan untuk mengurangi kelebihan lemak pada wajah (sangat terbatas), leher, lengan atas, dada, perut, pinggang, pinggul, paha, dan betis. Prosedur ini dapat dilakukan bersama prosedur estetik lain seperti tummy tuck, arm lift, facelift, dll.

Kandidat liposuction adalah orang dewasa yang ingin membentuk bagian tubuh yang sulit dibuang lemaknya setelah tidak berhasil dengan diet dan olahraga. Mereka harus memiliki berat badan dalam 30% kisaran berat badan idealnya serta memiliki kulit dan otot yang kenyal dan elastis.

Langkah-langkah prosedur liposuction adalah sebagai berikut:

  • Pembiusan lokal, sedasi, atau bius umum

  • Sayatan kecil dibuat untuk memasukkan instrumen operasi berupa kanula (tabung kecil berongga) yang kaku

  • Prosedur tumescent (cairan steril dialurkan ke dalam jaringan lemak untuk mengurangi perdarahan dan nyeri)

  • Kamula yang dihubungkan dengan mesin vakum dimasukkan melalui sayatan dan digerakkan maju mundur untuk membebaskan jaringan lemak dari jaringan di sekitarnya. Lemak yang dilepaskan akan dihisap keluar oleh vakum. Penyedotan dapat dilakukan dengan bantuan tenaga ultrasound, laser, atau vibrasi yang akan mencairkan lemak sehingga lebih mudah untuk disedot.

Setelah prosedur, Anda mungkin memerlukan rawat inap 1 hari tergantung metode pembiusan dan luas area liposuction. Anda akan diminta mengenakan pressure garments menutupi area liposuction. Memar akan menghilang dalam 2 minggu pascaoperasi, sementara bengkak akan berangsur-angsur menghilang dalam 2-3 bulan. Biasanya pasien dapat kembali bekerja setelah 7-10 hari bila menjalani liposuction luas. Liposuction kecil hampir tidak membutuhkan down time. Penting bagi Anda untuk mempertahankan bentuk tubuh dengan diet dan olahraga setelah menjalani prosedur ini.

Komplikasi yang dapat terjadi adalah bentuk tubuh tidak rata, kulit menggelambir, kerusakan saraf dan/atau kulit, pigmentasi, perdarahan, infeksi, nyeri, dan cedera organ dalam rongga perut.

(Sumber: Prasetyono TOH. Liposuction. Bazaar 2009 Feb;Chapter 4:53.)

Featured Posts
Posts are coming soon
Stay tuned...
Recent Posts